Penyebab Anak Suka Mimisan Dan Cara Menanganinya

anak suka mimisan

Keluar darah dari dalam hidung atau sering disebut dengan mimisan yang apabila terjadi pada anak akan sangat membuat orang tua dan orang disekitar anak menjadi terkejut. Walau sebenarnya mimisan ini tidak begitu berbahaya namun tetap dianjurkan untuk waspada bila anak suka mimisan. Mimisan dalam bahasa medis sering disebut dengan epistakis. Saat terjadi mimisan, biasanya darah yang keluar dapat berasal dari satu lubang buah hidung atau bisa berasal dari kedua lubang hidung. Mimisan biasanya terjadi dalam beberapa detik hingga sampai sekitar sepuluh menit namun tidak lebih dari sepuluh menit.

Anak anak memang akan lebih berisiko untuk mengalami mimisan bila dibandingkan dengan orang dewasa. Hal seperti ini terjadi karena pembuluh darah dalam hidung anak lebih rentan dibanding pembuluh darah hidung orang dewasa. Penyebab utama yang paling sering terjadi kenapa anak suka mimisan ialah karena anak terkena benturan ketika bermain ataupun anak bersin yang terlalu keras. Penyebab lain bila anak suka mimisan juga bisa berasal dari udara yang kering sehingga membuat selaput dalam hidung menjadi kering dan terasa gatal yang mengakibatkan hidung dikorek terlalu berlebih yang nantinya akan menyebabkan keluarnya darah.

Walaupun mimisan bukan termasuk kondisi yang berbahaya, namun bila anak suka mimisan yang lebih dari satu kali setiap minggunya lebih baik segera lakukan konsultasi terhadap dokter anak anda. Biasanya hal ini terjadi karena pembuluh darah kecil yang ada di dalam hidung mengalami iritasi dan pemulihannya tergolong lambat terlebih pada anak yang sering terkena alergi atau pilek. Ada beberapa jenis obat alergi ternyata dapat membuat selaput hidung menjadi kering dan menyebabkan terjadinya mimisan.

anak suka mimisan

Ketika anak sedang mimisan sebaiknya sebagai orang tua jangan langsung panik. Dalam menangani mimisan ini anda bisa meminta anak anda untuk duduk lalu dengan perlahan cubit dengan lembut bagian hidung di tepat bagian tengah atas dari bagian luar lubang hidung sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Bila darah masih terus mengalir anda bisa menggunakan cara lain seperti meminta anak untuk sedikit membungkuk ke arah depan lalu memintanya untuk bernafas melalui mulut. Cara seperti ini bertujuan untuk mencegah agar darah tidak tertelan dan membuat iritasi pada bagian pencernaan tubuh. Ada cara lain juga yang dapat dijadikan cara untuk mengatasi mimisan anak, anda bisa tempelkan ice pack atau es yang digulung dengan handuk lalu letakan dibagian batang hidung anak. Usahakan tubuh anak tetap dalam kondisi tegak agar dapat mengurangi tekanan yang ada pada pembuluh darah dalam hidung. Walaupun begitu ada beberapa kondisi mengapa anak suka mimisan mungkin anak mengalami gangguan pendarahan seperti kanker darah atau leukemia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*