Memilih Sikat Gigi Anak 1 Tahun yang Paling Tepat

sikat gigi anak 1 tahun

Anak yang sedang pada masa pertumbuhan tentu akan tumbuh pula giginya. Dan untuk memilih sikat gigi anak 1 tahun memang mudah. Tapi, tidak bisa asal memilih produk sikat gigi secara asal-asalan ya, Bun. Walaupun baru tumbuh gigi susu si kecil, wajib bagi orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil. Dan dalam memilih sikat gigi untuk anak juga harus tepat. Karena jika salah memilih sikat gigi untuk anak bisa melukai gusi si kecil.

Membiasakan pada anak untuk menyikat gigi sejak dini memang sangat disarankan. Karena bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut anak lebih maksimal. Kebiasaan menyikat gigi yang sudah ditanamkan sejak kecil pada anak akan memberikan rasa nyaman padanya, sehingga tidak perlu lagi Bunda bingung untuk memulai dan membujuk anak untuk menggosok gigi.

Akan tetapi, membiasakan anak untuk menggosok gigi tentu akan berdampak baik untuk si kecil. Namun, perlu diingat bahwa memilih sikat dan pasta gigi untuk si kecil juga harus teliti serta hati-hati. Karena setiap pertumbuhan gigi anak memang harus mendapatkan perlakuan yang berbeda-beda. Misalnya, memberikan sikat gigi anak usia 1 tahun berbeda dengan anak yang berusia 8 tahun. Setiap usia anak memiliki pendampingan yang bervariasi. Termasuk dalam memilih sikat gigi untuk si kecil.

Sikat Gigi Anak Anak 1 Tahun yang Paling Tepat

Panduan mengaplikasikan sikat gigi pada gigi anak juga berbeda-beda lhoh, Bun. Bukan hanya pada memilih sikat giginya saja, namun juga pada panduan dalam mengaplikasikan sikat gigi untuk anak. Berikut tips dalam memilih sikat gigi anak 1 tahun dengan tepat:

  1. Bahan sikat gigi harus aman dan lembut

    Karena pertumbuhan gigi anak yang masih berusia 1 tahun masih belum terlalu sempurna, seperti hanya baru tumbuh gigi susunya maka sikat gigi harus bertekstur lembut. Tekstur sikat gigi yang tepat dapat menjaga kesehatan gusi anak agar tidak terluka. Bahan aman di sini adalah tidak mengandung BPA karena sikat gigi tersebut akan masuk ke dalam mulut anak, jika terdapat kandungan BPA akan sangat berbahaya bagi anak.

 

  1. Desain yang menarik dan unik

    Dalam membujuk atau merayu anak agar mau digosok giginya adalah dengan memilih sikat gigi untuk anak yang unik. Menarik perhatian si kecil dengan bentuk sikat gigi memang menjadi langkah kuno namun selalu berhasil. Jika anak sudah tertarik pada sikat giginya maka Bunda tidak akan bersusah payah dalam menggosok gigi si kecil.

 

  1. Ukuran dan bentuk yang pas untuk si kecil

    Selain bahan dan desain sikat gigi anak 1 tahun yang juga harus diperhatikan adalah ukuran serta bentuk sikat. Pastikan ukurannya sikatnya sesuai dengan kebutuhan anak. Untuk anak usia 1 tahun tidak perlu terlalu panjang dan pastikan anak nyaman saat memegang. Bentuk kepala sikat juga harus pas sesuai dengan lingkar mulut anak. Sikat gigi anak 1 tahun umumnya memiliki ujung kepala yang bulat dan kecil. Agar memudahkan Bunda atau si kecil dalam mengaplikasikannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*