Penyebab dan Tanda Sesak Nafas Pada Anak yang Harus Orang Tua Waspadai

sesak nafas pada anak

Sesak nafas pada anak bisa terjadi oleh beberapa faktor. Dan sesak nafas bisa terjadi pada semua orang, tidak hanya pada anak-anak saja. Gangguan sesak nafas sudah menjadi hal yang tidak asing lagi untuk dibahas. Sebab penyakit pernafasan sudah ada sejak dahulu. Membicarakan sesak nafas, tentunya merujuk pada saluran pernafasan yang tidak lancar oleh karena sesuatu.

Pemicu sesak nafas sangat beragam, bisa batuk, infeksi saluran pernapasan, pilek dan lingkungan. Ada orang tua yang peka saat anaknya mengalami sesak nafas dan lansung mengatasinya dengan segera. Namun juga ada orang tua yang tidak peka saat anaknya sesak nafas dan ini bisa berakibat fatal. Penyakit gangguan pernafasan ini yang paling sering orang tua keluhkan dan kemudian meminta pertolongan medis atau ke rumah sakit.

Tetapi seringnya orang tua terlambat saat membawa anak ke rumah sakit, sehingga kondisi anak sudah parah. Inilah yang perlu diwaspadai oleh orang tua. Sebab jika tidak peka pada kondisi saat sesak nafas pada anak akan berakhir fatal. Gangguan pernafasan merupakan kondisi komplikasi pernafasan yang harus ditangani dengan segera dan berisiko pada kematian. Orang tua harus memahami kondisi dan tanda awal saat pernafasan anak terganggu.

Tanda dan Gejala Sesak Nafas Pada Anak

Gejala maupun tanda pada anak saat sesak nafas memang berbeda-beda. Tetapi jika tanda-tanda berikut ini di alami oleh anak segera periksakan ke dokter dengan segera:

  1. Anak mudah gelisah atau merasa gelisah berlebih
  2. Anak bernafas lebih kencang atau cepat dari biasanya
  3. Kejang
  4. Muka anak mulai membiru
  5. Nampak tarikan di dinding bawah saluran pernafasan
  6. Suara anak parau atau mengi seperti orang asma saat kambuh
  7. Kesadaran anak menurun
  8. Bibir anak mulai kebiruan

Jika gejala tersebut dialami anak maka segera atasi dan obati dengan segera. Jangan menunggu untuk sehari atau dua hari karena bisa jadi dapat memperburuk kondisi anak. Sesak nafas bukan hal sepele, sebab bisa mengakibatkan kematian pada anak. Penanganan yang tepat bisa meminimalisir kondisi yang buruk. Jangan sampai terlambat saat membawa ke dokter karena bisa memperburuk kondisi dan risiko lebih besar.

Penyebab Sesak Nafas Pada Anak

Penyebab sesak nafas pada anak memang bisa dari mana saja dan apa saja. Apa yang dikonsumsi oleh anak juga bisa mengakibatkan gangguan saluran pernafasan. Lingkungan sekitar anak juga mampu mempengaruhi saluran pernafasan anak. Sebuah alergi dapat menjadi penyebab anak sesak nafas. Namun yang banyak terjadi adalah infeksi paru atau pneumonia pada anak. Dan Penyakit Pneumonia menjadi penyakit utama kematian pada anak usia dini. Mengatasi dengan segera sesak nafas pada anak serta memahami kondisi anak dengan baik bisa meminimalisir keadaan yang buruk.

 

artikel terkait : madu anak