Mengatasi Anak Tantrum Dengan Benar Yang Wajib Orang Tua Ketahui

anak tantrum
ThinkstockPhotos.com Image Number: 475710000

Mengatasi anak tantrum, seperti marah marah, menangis, mengamuk sampai dengan membanting barang yang ada di sekitarnya bukanlah hal yang mudah bagi setiap orang tua. Terlebih setiap anak akan mengalami hal seperti ini di usia satu sampai lima tahunan nya.

Walaupun anak tantrum ini menakutkan namun tantrum juga menjadi salah satu cara anak untuk belajar berkomunikasi yang efektif dengan lingkungannya. Untuk info lebih lanjut tentang anak tantrum ini anda bisa baca disini untuk mengetahui cara mengatasi anak tantrum.

Walau tantrum umum terjadi pada anak, namun anda harus tetap mencoba dan mencari cara untuk menghentikan kemarahannya. Terlebih jika anak ngamuk ditempat umum dan ramai pasti akan membuat anda risih. Cara pertama yang dapat anda lakukan ketika anak tantrum, anda bisa mencoba mengajak anak bicara dengan anda.

Ketika anak marah marah anda bisa mencari tahu apa penyebab anak marah. Dan anda bisa tunjukan kepada anak bahwa anda mencintai mereka namun tidak menyukai perilaku mereka. Anak anak bisa berperilaku seperti itu karena mereka menginginkan perhatian yang lebih, maka dari itu berilah perhatian yang cukup kepada mereka.

Ketika anak tantrum sebaiknya anda tetap tenang dan jangan sampai anda terjebak suasana emosi nya. Karena jika anda terjebak oleh suasana akan membuat keadaan menjadi lebih keruh dan anak tidak kunjung mereda. Anda juga bisa memberi tahu kepada anak bila anak tenang akan diajak bicara tentang keinginan sang anak.

Disaat bernegosiasi dengan sang anak bicaralah dengan yang baik agar menemukan kesepakatan bersama. Disaat anak tantrum jangan sampai kejadian anak membanting atau melempar barang yang berada didekatnya. Beri tahu kepada anak bila perbuatan dia yang seperti itu sungguh tidak baik.

Cara lain untuk menangani anak tantrum dengan mencari pengalihan. Anak kecil terbilang sangat mudah untuk melupakan sesuatu serta juga dapat tertarik dengan hal yang baru dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengalihkan emosi ketika anak tantrum agar tidak menjadi lebih buruk lagi.

Cara mengalihkan nya bisa dengan menggunakan mainan yang telah lama tidak dimainkan lagi atau bisa juga menggunakan jajanan kesukaan nya untuk menghibur, dengan cara seperti ini dapat membuat anak menjadi lupa dengan tantrum nya. Selain itu anda juga bisa mengajak anak bermain atau meminta anak untuk membantu memasak.

Bila anak mengalami tantrum janganlah memukul atau berteriak kepada nya. Memukul anak bukanlah pilihan yang tepat serta akan membuat tantrum anak menjadi lebih buruk lagi. Bila anak tantrum terlalu sering atau intens dengan sampai membuat nya menyakiti dirinya sendiri ataupun orang lain lebih baik anda harus segera mencari bantuan seorang dokter.

 

artikel : madu anak